Download Perangkat Ajar di Website Kurmer

Kunci Jawaban Post Test Modul Praktik Refleksi Topik Refleksi Diri

uminabdilah - Bagaimana proses pelatihan mandiri kamu di Merdeka Mengajar? Semoga kompetensi kita terus berkembang ya

Memulai Refleksi

Proses refleksi dapat dilatihkan, dibiasakan, dan dilakukan di keseharian. Tiga hal penting yang perlu dilakukan dalam berefleksi adalah berdialog dengan diri, jujur dan terbuka mengakui, serta mendokumentasikan prosesnya. Kita akan mendapatkan penjelasan lebih lengkap mengenai hal tersebut dalam video berikut.

Tips Refleksi

Bagaimana ya caranya agar kita bisa memulai refleksi dengan konsisten? Salah satu tips yang dapat membantu kegiatan refleksi kita menjadi kebiasaan yang menyenangkan untuk dilakukan ialah Tulislah atau Rekamlah catatan refleksi pada sebuah catatan atau jurnal khusus. Yakinlah Ibu dan Bapak, apa yang kita tulis dalam kegiatan refleksi akan menjadi catatan yang berguna untuk memperbaiki diri dan kualitas pembelajaran kita di kelas.

Menulis jurnal refleksi secara kreatif dapat menimbulkan minat untuk mengisi jurnal secara konsisten. Berkreasilah dengan menggunakan alat tulis variatif seperti spidol warna, stabilo, post it, stiker atau masukkanlah foto atau gambar yang dapat memberikan inspirasi dan motivasi. Akan tetapi, kreativitas penulisan jurnal hanyalah alat bantu untuk membangun komitmen berefleksi. Yang utama adalah terlaksananya proses refleksi secara konsisten.

Model Refleksi

Model Refleksi: Awal-Tengah-Akhir Pembelajaran

Model refleksi dibuat untuk membantu kerangka berpikir seseorang dalam melakukan refleksi. Ada banyak ragam model refleksi tersedia dan bisa Anda cari di buku atau internet. Pada video ini kita akan membahas salah satu model refleksi sederhana yaitu Model Refleksi Awal-Tengah-Akhir Pembelajaran yang diadaptasi dari model Before-During-After. Model refleksi ini digunakan dari awal, sebelum Anda melakukan pembelajaran di kelas, sampai di akhir pembelajaran. Model ini cocok digunakan dalam keseharian Anda praktik mengajar di kelas. Baik itu untuk periode harian, maupun periode 1 unit pembelajaran. Dengan rutin melakukan refleksi ini, diharapkan Anda dapat meningkatkan kompetensi Anda sebagai pendidik yang profesional di kelas.

Model Refleksi: Situasi-Makna-Aksi

Model Refleksi Situasi-Makna-Aksi yang diadaptasi dari model What-So What-Now What. Model refleksi ini cocok digunakan dalam berbagai situasi. Misal ketika Anda menemukan masalah di kelas, dalam lingkungan kerja/komunitas belajar Anda di sekolah, dan sebagainya. Dengan rutin melakukan refleksi ini, Anda dapat memaknai situasi yang terjadi. Kemudian mengambil pembelajaran untuk diaplikasikan pada kondisi lain, atau mencegah permasalahan yang sama terulang kembali.

Kunci Jawaban Post Test Modul Praktik Refleksi Topik Refleksi Diri

  1. Perhatikan cerita di bawah ini!
    Ibu Rita termasuk guru yang rajin membuat kegiatan refleksi diri dengan meminta umpan balik dari teman sejawatnya. Bahkan ia meminta temannya tersebut untuk melihat rekaman pembelajarannya. Dengan hal ini Bu Rita selalu merasa bahwa kegiatan refleksi itu menyenangkan karena ia dibantu oleh teman-temannya.
    Dari ilustrasi cerita di atas, tips refleksi yang sudah dijalankan oleh Bu Rita adalah . . . .
  2. C. Rekamlah

    Terimakasih, tidak ada adblock di browser anda, dan anda menekan ikaln yang ada di blog ini untuk memberikan semangat kepada abdilah agar dapat terus memposting di blog ini

  3. Saat melakukan refleksi, sebaiknya kita berjarak dari keriuhan situasi, agar...
  4. B. bisa lebih tenang dan jujur saat berdialog dengan diri
  5. Pak Badru, seorang guru SMK, merasa kesulitan menghadapi sebuah kelas. Setiap Pak Badru masuk ke kelas, peserta didik mengobrol dengan riuh dan tidak ada yang memperhatikan pelajaran. Apa tindakan yang harus diambil Pak Badru untuk mengatasi kondisi tersebut?
  6. C. Melakukan refleksi dengan memetakan situasi, mencari tahu apa yang perlu dilakukan, lalu melakukan aksi.
  7. Berikut yang bukan manfaat melakukan refleksi di tengah pembelajaran adalah?
  8. C. Memeriksa finalisasi kesiapan perangkat pembelajaran

Jawaban yang diberikan, mungkin tidak 100% benar. Abdilah hanya berbagi apa yang dijawab dan mendapatkan hasil

Luar biasa! Pemahaman Anda sangat baik

Modul ini telah berhasil Anda selesaikan dengan baik dalam waktu singkat!
Selanjutnya, mari pelajari modul pelatihan yang lain untuk terus meningkatkan kompetensi Anda.
Orang biasa yang memiliki tingkat kemalasan naik - turun.

Posting Komentar