Download Perangkat Ajar di Website Kurmer

Kunci Jawaban Post Test Modul Kreativitas dan Inovasi

Kunci Jawaban Post Test Modul Kreativitas dan Inovasi - Pada postingan ini, umin ingin berbagi tentang Jawaban Post Test Modul Kreativitas dan Inovasi. Semoga dapat meningkatkan kompetensi yang dimiliki.

Berpikir Divergen dan Konvergen

Kreativitas adalah proses berpindah-pindah dari berpikir divergen dan konvergen. Ada saat yang tepat untuk berpikir divergen, ada juga saat yang tepat untuk berpikir konvergen.

Contoh praktik berpikir divergen: brainstorming. Contoh praktik berpikir konvergen: seleksi gagasan. Jika tahap berpikir divergen diganggu konvergen (dan sebaliknya) proses kreativitas terhambat. Oleh karena itu, supaya ide dapat betul-betul bermanfaat, baik kemampuan berpikir divergen maupun konvergen sangat perlu untuk dikembangkan.

Gagasan baru: Bagi Saya vs Orang Lain

Suatu gagasan/produk disebut kreatif jika: orisinal (baru), dan adalah solusi terhadap masalah tertentu.

Gagasan/produk bisa saja “baru” bagi saya (pencipta), tapi sudah lazim di masyarakat. Jadi, harus dibedakan antara berpikir kreatif dan produk kreatif. Berpikir kreatif berfokus pada menghasilkan gagasan orisinal (tidak menjiplak), sementara produk kreatif baru mungkin melibatkan penilaian orang lain. Produk inovatif hanya terjadi jika seseorang sudah punya mampu berpikir kreatif. Hal ini yang menyebabkan proses berpikir kreatif harus ditumbuhkan dulu menjadi kompetensi seseorang.

Dari Kesalahan ke Ide Orisinal

Suatu gagasan/produk disebut kreatif jika orisinal dan memiliki efektivitas atau solusi terhadap masalah tertentu. Materi ini akan berkaitan dengan aspek solusi. Artinya, berpikir kreatif adalah bentuk khusus problem solving.

Seringkali gagasan baru benar-benar orisinal setelah berulang-ulang direvisi. Proses revisi terus-menerus inilah yang tidak dipraktikkan oleh proses berpikir nonkreatif. Hal ini sejalan dengan kata-kata Edison: “Munculnya ide sebetulnya hanya memegang 1% saja dari kreativitas, tapi 99% lainnya adalah kerja keras”.

Mengambil Risiko

Gagasan kreatif seringkali keluar dari pemikiran dan tindakan yang sudah menjadi tradisi. Gagasan tersebut belum masih minim praktik, bahkan mungkin belum ada dan berisiko memiliki celah kesalahan (kerugian mungkin besar dan/atau tidak terduga). Sebagai individu kreatif seharusnya tidak terhambat oleh ketakutan terhadap risiko-risiko tersebut, bukan karena ia tidak takut, tapi karena proses kreatif juga merupakan problem solving. Tepatnya, problem solving dalam kreativitas menempuh “extra miles”, artinya individu kreatif sudah mengkalkulasi risiko yang akan dihadapinya.

Kunci Jawaban Post Test Modul Kreativitas dan Inovasi

Berikut ini Jawaban Post Test modul kreativitas dan inovasi yang bisa anda dapatkan

  1. Saat kelas 2 SD, Kana sangat kagum ketika melihat teman kelasnya membuat prakarya dari batang korek api. Menurut Kana, apa yang dibuat oleh temannya sangat kreatif dan baru. Namun, bagi Pak Amar, seorang guru seni, prakarya tersebut tidaklah baru karena merupakan bahan materi ajar untuk peserta didik kelas 3 SD.
    Ilustrasi di atas menunjukkan prinsip orisinalitas yang bersifat relatif, yaitu…
  2. B. Sesuatu yang baru bagi seseorang bisa jadi sudah menjadi hal yang biasa bagi orang lain.
  3. Silakan lihat kegiatan-kegiatan berikut ini:
    1. Guru memberikan pertanyaan pemicu mengenai perubahan iklim.
    2. Guru memberikan aturan yang ketat dalam tugas eksperimen sains.
    3. Peserta didik berada dalam lingkungan pembelajaran yang membuatnya tertekan.
    4. Peserta didik diberikan apresiasi atas keberaniannya dalam menuangkan ide.
    Apa saja kegiatan yang dapat dilakukan oleh guru untuk mendorong peserta didiknya menjadi pribadi yang kreatif?
    C. (1) dan (4)
  4. Budi menyalin sebuah karya tulis dari laman internet yang ia temukan, kemudian ia kumpulkan sebagai tugas karya tulis buatannya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sementara itu, untuk mata pelajaran Seni dan Budaya, Santi membawa contoh gambar lukisan bunga matahari yang ia temukan dari laman internet. Contoh lukisan bunga tersebut digunakan sebagai acuan memodifikasi lukisannya yang bertema pekarangan rumah.
    Dari cerita di atas, dapat disimpulkan bahwa…
  5. A. Budi menjiplak dan Santi terinspirasi karya lain
  6. Proses memunculkan satu kemungkinan solusi pada suatu masalah disebut juga sebagai…
  7. D. Berpikir konvergen

Jawaban yang diberikan, mungkin tidak 100% benar. Abdilah hanya berbagi apa yang dijawab dan mendapatkan hasil

Luar biasa! Pemahaman Anda sangat baik

Modul ini telah berhasil Anda selesaikan dengan baik dalam waktu singkat!
Selanjutnya, mari pelajari modul pelatihan yang lain untuk terus meningkatkan kompetensi Anda.
Orang biasa yang memiliki tingkat kemalasan naik - turun.

Posting Komentar